• Call Us(024) 8443605
  • Login

HARI GURU - LOMBA MEMASAK UNTUK GURU

Sumber Video : https://www.youtube.com/watch?v=ThY_xRVFY0Y

Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2021, Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pekunden Kota Semarang menggelar lomba memasak antar siswa di pelataran SDN Pekunden Kota Semarang.  Lomba ini melatih menumbuhkan karakter siswa dalam berwirausaha melalui memasak.

Kepala Sekolah SD Negeri Pekunden, Abdul Khalik menyampaikan, lomba memasak ini  diprakarsai oleh Komite SDN Pekunden dengan mengusung konsep kelompok kecil dan besar.  Masing-masing kelompok itu menyajikan makanan dan minuman sesuai dengan kelompoknya.

“Hasil dari kelompok mereka disajikan yang terbaik untuk gurunya. Lomba ini tidak hanya untuk memeriahkan hari guru saja, tapi sekaligus kompetisi untuk mendapatkan trophy dan serifikat penghargaan,” katanya usai lomba memasak, Kamis (25/11).

Ia melanjutkan, lomba itu bukan semata-mata hanya sekadar slogan hormat kepada guru saja, melainkan siswa harus memberikan tindakan secara langsung melalui memasak untuk gurunya. Bahkan, kata dia, siswa sudah menerapkan dengan memberikan hasil masakannya kepada guru.

“Tadi tidak hanya masakan, siswa juga mempersembahkan ada karangan bunga, makanan ringan seperti coklat yang dihias, dikasih ke gurunya banyak yang nangis. Kedua selain menumbuhkan karakter pada anak tidak hanya slogan saja, melatih anak untuk berwirausaha melalui memasak jadi kelihatan anak yang memiliki talenta memasak termasuk plating,” ujarnya.

Abdul Khalik juga menjelaskan, masing-masing kelas diwakilkan sebanyak 10 kelas yang dibagi dua ronde dalam perlombaan tersebut. Pembagiannya seperti kelas 1-6 yaitu 5 anak berada di cooking dan 5 anak lainnya masuk di bagian planting. Sehingga, kata dia, memastikan tidak terjadi pelanggaran protokol kesehatan (prokes) seperti kerumunan.

“Cara itu pastikan prokes tetap terjaga. Siswa masak secara murni dan hanya saja racikan sudah disiapkan dari rumah. Contohnya tadi ada udang sudah disiapkan dari rumah, bumbu juga begitu. Di sekolah tinggal memasak membuat waktu tetap efektif,” ucapnya.

Kendati demikian, ia menuturkan bahwa siswanya tidak belajar dari nol, namun mereka sudah dilatih dari rumah. Apalagi antusias para siswa pada peringatan hari guru ini sangat meriah. “Tahun ini keren dipraktikan anak-anak secara langsung untuk guru melalui lomba masak,” katanya.

Abdul Khalik menerangkan, kriteria pada lomba tersebut yakni alat bahan memasak, hasil olahan masakan siswanya bukan orang lain, rasa, planting hingga penyajian. “Kemudian komite sekolah menilai. Jadi bapak ibu guru diistimewakan lewat 2 kategori lomba masak besar dan kecil,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu siswa kelas 2 bernama Kirana Putra Agustina merasa bangga telah mengikuti lomba memasak dalam peringatan Hari Guru Nasional 2021. “Senang bisa ikut merayakan hari guru, saya tadi buat burger dan es buah yang dipersembahkan untuk ibu bapak guru. Alhamdulilah bisa juara satu,” katanya. (dik/gih)

LIHAT FOTO KEGIATAN (klik disini)

Sumber : https://joglojateng.com/2021/11/26/peringatan-hgn-siswa-dilatih-berwirausaha-lewat-lomba-memasak/